Header Ads

Sepan Bandeng Bumbu Putih Leins Kitchen


Bahan dan bumbu leins kichen (pict : dok.pribadi)




Sepan Bandeng Bumbu Putih Leins Kitchen

Ibu yang memiliki kegemaran memasak akan penasaran jika ada menu baru dengan bumbu praktis leins kitchen tidak usah repot mengupas sikembar bawang merah  dan bawang putih,   tidak perlu ngulek ketumbar, merica,  kemiri dan sebagainya sang Ibu tinggal improvisasi sebagaimana yang akan Bunda lakukan . . . .


Pada Sabtu pagi ( 1 / 12 /’18 ) Bunda sudah berencana memasak bandeng  sepan  ( bhs. Sunda = diuap ) dan sudah dimasukkan ke lemari es agar dagingnya terasa kenyal juga rasanya  lebih berbobot kenyal – kenyal menantang untuk nambah dan nambah lagi.

Bahan – bahan :
Bandeng  1 kg  ;   Tahu putih besar 3;    Pak coy  ¼  kg  dan              tomat  ¼  kg ;   kembang tahu  1 bks.
Bumbu  :
Bumbu Putih Leins Kitchen,   serai,  bawang prei ( bawang daun )

Bumbu putih leins kitchen


Tomat dan pakcoy penetralisir rasa amis (pict : dok.pribadi)



Caranya mudah Bukibu    :
Minyak goreng sekitar  ½  ons.,   bumbu putih leins kichen sekitar 3 – 4 sendok makan, lanjut masukan tomat sekitar setengah ons terlebih dahulu. 

Jika sudah muncul aroma harum ketumbar  goreng dan bawang putih masukkan semua bandeng susul dengan air,  lanjutkan bawang daun yang diikat dan serai 3 -5 batang.

Serai salah satunya di samping menetralisir aroma amis ikan bandeng tentu  saja menanamkan rasa rempah local yang unik dank has,  harum kesimpulannya.

Kenapa yaa . . . bandeng duluan ?   hal ini dilakukan  agar rasa gurih bumbu putih leins kichen dan asam tomat meresap rasanya hingga ke dalam daging ikan bandeng,  kira – kira sepuluh masukkan tahu tunggu sepuluh menit susulkan kembang tahu.






Tunggu hingga kuah agak sedikit mengering.
Susun pakcoy di dalam mangkok maka tuangkan bandeng dan rekan – rekannya kedalam mangkok,  maka pakcoy akan setengah masak dan saat menyantap krenyes – krenyes segar dilidah disusul tahu dengan aroma gurih.
Idealnya menyantap sepan bandeng bumbu putih bersama sambal kecap bisa juga sambal terasi      ( tergantung selera ). Jika tidak sempat cukup bijak menyantap dengan sambal dan saos fabrikan.
Tentu saja nilai gizinya cukup tinggi jika melihat bahan – bahannya dan selamat mencoba yaa Bukibuk.





#OneDayOnePost
#leinskichen

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.