Header Ads

5 Jenis Hewan Laut di Wakatobi


(pict:dok.Raidah)


Wakatobi saat ini sudah  menjadi salah satu destinasi wisata papan atas karena doktaman lautnya yang sangat eksotik  dan jumlah species ikan yang ada di lautan tiga pulau ini super duper,    yang dimaksudkan dengan tiga tiga pulau cantik ini  adalah   Wangi – wangi,  Kaledupa dan  Binongko,  yang merupakan akronim dari Wakatobi.

Wangi – wangi Ibu kotanya Wakatobi dari bandara Matahora jarak tempuhnya sekitar satu  setengah jam tidak pakai macet,  jalanan mulus dan masih baru,  supir di sana  menjalankan mobil itu kesannya nyaris sambil tidur nabrak ayam saja ndak kerasa, terus ayamnya teriak – teriak minta tolong,  supirnya pergi berlalu.

Ketiga pulau tersebut indah – indah dengan pemandangan permukaan dan kedalaman laut  yang dikatakan oleh para diver level internasional “indah sekali”  mungkin waktu sepuluh hari bisa mengeksplorasi setiap sudut surga di atas ataupun di bawah laut.

Salah satu pantai indah di Wakatobi (pict : dok.Raidah )






Wakatobi itu secara administrative menginduknya ke Kendari (ibu kotanya dari Sulawesi Tenggara )   sehingga lumayan juga biaya yang harus disiapkan jika terkait sesuatu yang penting dan prinsip ya harus ke Kendari. 

Perjalanan pesawat Wakatobi Kendari sekitar 45 menit saja  jika menggunakan perahu kecil konon 7 -  8 jam itupun kalau  angin bersahabat sedang kalau ombak datang dan tinggi menjulang mengkhawatirkan maka  perjalanan laut  musti  di cancel.

Puteri Kami Merantau ke Wakatobi
Semenjak salah seorang  puteri  kami  bertugas ke  Wakatobi  (2017)  banyak kisah yang dia tampilkan khususnya lewat medsos dengan mengirim foto – foto yang dibidik menggunakan handphone sederhana yang dia miliki.

Kita pasti yakin untuk orang Wakatobi yang tinggal dekat pantai,  laut tinggal ditatap dari depan mata  maka aneka hewan yang datang bermunculan ke permukaan atau sengaja ditangkap pasti biasa,  tentu bagi kita yang hidup di daratan ya . . .   yang populer dibahas belanja online,  mini market supermarket ndak indahlah ya membosankan jelas kerja sia – sia  dan hambur – bamburin fulus saja, tapi memang beda lokasi  beda juga budaya.

Nama puteri kami  yang merantau ke Wakatobi adalah  Raidah Shabiraa   berhubung yang ngasih nama ci Bundanya maka nama ini bermakna supaya puteri kami ke depannya menjadi pemimpin yang sabar dan tangguh
Raidah  alumni UPI jurusan Pendidikan Bahasa Arab puteri keenam,   secara jaman millennial era social media sehingga ia   banyak sekali  mengirimkan   foto – foto jenis hewan laut yang dia kirimkan kepada kami baik menggunakan instagram,  atau facebook atau langsung via whattsapp.

Akan tetapi dalam tulisan ini Bunda tampilkan lima jenis saja itupun dengan infomarmasi yang relative terbatas diantaranya:

Si Biru Bintang Laut, 
Bintang Laut Biru  ( The Blue Sea Star Usually Spawns From    May  to August.animaldiversity.org
Nama latinynya Linckia Laevigata
Bentuknya menyerupai bintang dengan warna biru yang indah,  bagi kami memang terasa nyata asing ajaib dan menakjubkan.
https://www.google.com/search?safe=strict&source=hp&ei=7RENXIW8N9iWwgOC6bW4BQ&q=bintang+laut+biru&btnK=Google+Search&oq=bintang+laut+biru&gs_l=psy-ab.3..




The Blue Sea Star  (pict: dok. Raidah )

Ikan Kerapu Macan
Kulit ikan bersisik licin totol totol,  ukurannya macam – macam ada yang mini seukuran telapak tangan ada juga yang jumbo,     konon rasanya enak sekali.  Informasi dari beberapa blogger bisa digoreng,  bahkan dibakar dengan terlebih dahulu di lumuri bumbu kecap.


Kerapu Macam (pict:dok.pribadi)



Bulu Babi  atau Landak Laut
Landak laut atau disebut juga bulu babi (Echinoidea)  merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri yang banya disekeliling kulitnya yang dapat mereka gerakan secara alamiah.   Binatang ini terbagi  menjadi  950 species dan dapat ditemukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman 5000  meter.







(pict:dok.Raidah)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.