Beauty Cita – cita Kaum Hawa Dan Happiness Untuk Alam Semesta !



 
(pict:dok.pribadi)

Respon terhadap kata  ‘My Beauty – My Happiness’   pasti beragam akan tetapi pada intinya pasti orang suka dan senang dengan kata / kalimat  tersebut aura positifnya cepat tertangkap.


Dunia se - matrealis seperti saat ini yang mendominasi salah satu faktor eksternalnya adalah  pengaruh globalisasi jika meninjaunya dari berbagai sisi  sesungguhnya  globalisasi mengancam eksistensi diri.


Kemudian kita mafhum saja   ketika  kecantikan  menjadi salah satu tujuan hidup bahkan  konon kecantikan akan menimbulkan kepercayaan diri yang tinggi dan kebanggaan nan  memberikan semangat untuk bergaul lebih luas.


Demikianpun   kebahagiaan  ( happiness )   jelas menjadi tujuan utama makhluk bernama manusia,  bahkan di dalam ajaran Islam dikenal  doa sapu jagat.

Tentu semua  hafal,  jika menyimak maknanya secara seksama do’a ini  merupakan harapan khususnya permohonan kebahagiaan di dunia dengan  tujuan yang lebih  hakiki adalah kebahagiaan di akhirat kelak.

Makna doanya secara sekilas saja akan penulis kutipkan dalam catatan berikut, sehingga kita semua dapat mengingatnya kembali untuk dijadikan salah satu pegangan hidup demi mencapai kebahagiaan yang diharapkan.

Beauty  ( cari definisinya dari google )
Membahas cantik dan kecantikan akan memberikan daya dan pesona khusus, bagi kaum wanita dimanapun berada dan selalu menjadi pokok bahasan yang tidak berkesudahan.

Kemudian penulis  bisa hadir dalam salah satu seminar kecantikan dengan keyakinan  bahwa pengetahuan yang diperoleh akan sangat berguna untuk dapat   di share kepada seluruh atau sebagian kaum wanita dalam lingkaran sebatas komunitas blogger atau bisa saja yang lainnya.  

Alhamdulillah . . .

Energinya   ‘dapet’   ketika akhirnya bisa hadir di lokasi Seminar   My Beauty My Happiness Beauty is promise of happiness    DF Centre Jl. Lemah Neundeut No.10 Lt.3 Setrasari - Bandung

Tepat hari Rabu,  26 Juli 2017 DF Centre Bandung surprise rasanya saat bisa segera berfoto – foto ceria dengan Pak  direkturnya dr. David Budi Wartono.

Selintas menyapukan pandangan pada eksterior gedung DF Centre itu kesannya berwibawa dan anggun ketika pertama saat masuk tatapan pada interiorpun  langsung terasa  aura kenyamanan memang memikat pisan kata orang Sunda magh !

Kursi tertata rapih gaya tradisional, pencahayaan sedemikian menjadi fokus penting sehingga kenyaman itu datang tiba – tiba  dan melesat di beberapa space warna  ungu mendominasi namun dalam tataan yang harmonis poko’e beauty euy  !

Dalam hati bertanya – tanya dan mencoba sedikit menggali kata  beauty   juga  happines   kedalam bahasa Indonesia, yuks coba sedikit kita googling :


Jika merujuk pada ayat – ayat Allah diantaranya  tentang kesempurnaan ciptaanNya terkait makhluk bernama manusia Allah sampaikan pada makhluk bernama manusia kata DIA . . .

“Sesungguhnya Allah telah menciptakan manusia sebaik – baik dan sesempurna penciptaan”   lihat QS. At – Tiin (95) : 4

Jika saja kita semua yakin tentang ayat ini,  yang penting kita lakukan adalah memeliharanya dengan sebaik – baik pengetahuan dan kesadaran, karena pada intinya apa yang disampaikan ketiga nara sumber yaitu :   

Damma S.Pane yang memaparkan tentang Meningkatkan EQ Emotional Quotien ;  Psikosomatis Healing – Bapak Sanjaya Irawan ;  Beauty Enchancement – dr. David Budi Wartono memberikan penambahan wawasan agar lebih banyak mengetahui cara perawatan yang berdasar pengetahuan plus pengalaman.

Sungguhan mencerahkan . . . !

Happiness 
Kebahagiaan jelas menjadi tujuan utama makhluk bernama manusia bahkan di dalam ajaran Islam doa sapu jagatny sudah sedemikian populer dan hafal dalam mengucapkannya,  maknanya adalah :

Dan diantara mereka ada orang yang berdo’a :  “Ya Tuhan Kami berilah  kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”    Al Baqarah (2) : 201

( And there are men who say :  “Our Lord ! Give us good in this word  and good in the hereafter.  And save us from the torment of the fire!”)
 The Cow-II part 2 p.33
Abdullah Yusuf Ali. The Holy Quran Transliteration in Roman Script with Original Arabic Text.

Tidak ada disepanjang hidupnya ada orang yang ingin selalu menderita dan merasa bahagia dalam penderitaan rasanya sih mustahil.

( pict : dok. pribadi )



Meningkatkan EQ Emotion Quotient
( Damma S. Pane )

My beauty My Happines bukan hanya tinjauan dan tampilan fisik semata,  salah satu kajian seminar adalah penting memahami dan memenej emosi sebagaimana disampaikan Ibu Damma,  cantiknya seseorang akan terpancar saat ia pandai mengolah emosinya. 

Kita dapat membayangkan seorang yang super cantik kemudian dalam satu kesempatan kita menyaksikan kemarahannya meledak di muka umum dan melontarkan kata – kata kasar bahkan mungkin tidak senonoh secara instan orang disekitarnya akan memandang negatif dan muncul kata  “ikh cantik – ya cantik sayang emosian”  ini menimbulkan fikiran negatif  dan sekaligus  meruntuhkan  nilai kecantikannya.

Maka ketika menyimak presentasi ini secara bertahap kami yang hadir diajak memikirkan, memahami dan menyadari bahwa kecantikan dan kebahagiaan fisik sangat terkait erat dengan banyak  hal yang kesemuanya mesti dilaksanakan  secara berimbang  dilakukan demi kecantikan dan kesehatan lahir dan batin.

Sisi kecantikan mungkin pada sisi tertentu akan menimbulkan kebahagiaan dan kepercayaan diri akan tetapi tidak sebatas cantik jika dalam realitas ternyata kita tidak mampu memenej emosi.  
Garis besar yang diungkapkan diantaranya :

1.      Husnudzaan
Selalu berbaik sangka dan berfikir positif akan meringankan beban emosi yang membuncah dalam otak manusia.

2.       Memenej emosi
Berdasar langkah pertama, merupakan satu kunci efektif jika kita dapat melatihnya secara berkesinambungan

3.       Memposisikan diri dengan cara tidak berlebihan
Pada hakekatnya manusia sama – saja jangan merasa bahwa kita termasuk level atau dinasti tertentu sehingga menanam benih kurang positif dalam jiwa dan ini akan merangsang emosi negatif dalam jiwa kita, tidak atau kurang sehat.

4.       Reaktif  melawan pro-aktif,   bener – benar bisa memberikan solusi
Dalam batas wajar sebaiknya sikap reaktif memang penting dalam hidup bermasyarakat apalagi dalam suasana kompetisi yang ketat dan tajam.

5.       Bangkit
Adalah cara membangun emosi positif saat jiwa tengah down,  semua secara merata akan mengalami jatuh bangun dalam kehidupan maka jangan bersedih terlalu berlebihan.

6.       Menciptakan suasana nyaman  di sekitar kita
Suasana nyaman akan menimbulkan perasaan lebih stabil paling tidak  kerja otak kita tidak berat dengan kesemerawutan hidup.
Masalah kerja Otak (Keys To Increase your Emotional Intelegence )

Interpersonal :  memahami diri sendiri
Intrapersonal :  memahami orang lain ;  meregulasi dengan melatih diri ( ada yang mampu menyelesaikan masalah dengan trampil . . . )
Introvert :
Kalau ditanya baru berceritera
Ekstropert
Orang yang akan berceritera sebelum di tanya.
Introvert dan ekstrovert  harus dilatih
Sosial Skill dipelajari dari lingkungan ;  ketika anak masuk sekolah maka ia mulai memasuki  “dunia sistem”  seperti :
-          Disiplin
-          Tanggung Jawab
-          Toleransi
-          Empati
-          Dsb.
Yang penting kita bertanya pada diri sendiri ketika kita mati ingin dikenang oleh orang  “kita seperti apa”  (  salah satu motivasi kuat )
Pada tahap akhirnya pengelolaan emosi yang baik juga akan menjadi motivasi kuat dalam menentukan tujuan hidup.

Benefit EQ In Working Environtmen

-           Jika seseorang yang telah terampil memenej emosinya ketika mendapat tekanan dalam lingkungan pekerjaannya ia akan lebih bijak bertindak

Sehingga jika dikaitkan dengan kecantikan / ketampanan seorang yang bertindak bijaksana aura indahnya dari mengelolaan emosi tsb.

-           Kemampuan memutuskan
Keputusan seseorang dalam kehidupan ternyata sangat terkait erat dengan menejemen emosi. 

-           Lebih mampu Kerja Team
Dunia realitas di era global ini tidak adalah yang bermain single justru kerja tim yang di unggul demi 
mencapai kebahagiaan bersama – sama.

-           Bisa lebih memimpin
Posisi pemimpin dengan yang dipimpin tentu saja sangat berbeda maka seorang pemimpin biasanya mereka yang lebih cerdas dalam mengelola emosi.

-           Mengurangi pemecatan pada posisinya masing – masing
Maka jika dalam satu lembaga sering terjadi pemecatan karyawan atau pegawai ini merupakan tanda pemimpin yang sangat tidak cerdas dalam mengelola emosi diri, sehingga kasihan orang – orang yang dipecak dengan sembrono karena emosi sesaat. 


Psikosomatis Healing
( Sanjaya Irawan )
Mencoba menggali kondisi masing – masing hadirin Pak Sanjaya Irawan membuka seminar pada siang itu kenudian  beberapa di tanyakan adakah keluhan – keluhan dalam rentang kehidupannya diantara pertanyaan yang sempat diajukan :

-          Pernahkah mengalami kesulitan tidur ?
-          Kapan itu terjadinya ?
-          Bagaimana cara mengatasinya ?

Berdasar berbagai permasalah yang beberapa yang hadir kemdian lebih di kembangkan lagi,  maka apa yang disampaikan oleh Pak Sanjaya Irawan telah dirilis dalam catatan yang langsung di bagikan usai acara berlangsung.

Dari berbagai macam yang telah dipaparkan maka lembaran rilisnya, penulis sampaikan disini, secara konten garis – garis pentingnya adalah :

Natural healing exercise adalah sebuah pelatihan dalam memaksimalkan kecerdasan tubuh kita dalam mengobati dirinya sendiri dengan neurogenic tremor dengan tujuan untuk meningkatkan fungsi para simpatis dan menekan simpatis.

Neurogenic Tremor :
Adalah kemampuan alami tubuh dalam meredakan stress fisik dan mental,  akan tetapi di karenakan oleh ego manusia yang secara alamiah menghalangi neurogenic tremor untuk bekerja secara alami maka hal itu harus terus dilatih.

Latihan trauma release exercise ini dilakukan untuk menanggulangi gangguan psickosomatis  yaitu penyakit fisik yang di duga disebabkan atau diperparah oleh faktor mental,  seperti stress dan rasa cemas .

Contoh dari penyakit psickosomatis adalah :  pegal – pegal,   nyeri di bagian tubuh tertentu,  susah tidur,  susah berkonsentrasi,  mudah cemas serta sekujur tubuh terasa tidak nyaman.

Tidak jarang ada yang merasa kulitnya seperti gatal, kesemtan,   mati rasa, pedih seperti terbakar dan sebagainya.

Cara Pengelolaan Tress Berbasis  Metode khusus dan Unik  :
Transpersonal Psychology
Merupakan salah satu bidang psichology yang mengintegrasikan :  konsep, teori dan metode psichology dengan kekayaan – kekayaan spiritual dari bermacam – macam budaya dan agama.

Konsep inti dari psichology  transpersonal adalah non dualitas suatu pengetahuan bahwa tiap – tiap manusia adalah bagian dari keselurhan alam semesta.  Penyatuan kosmis dimana segala – galanya  dipandang sebagai satu kesatan.

Energi Tubuh
Ada tujuh pusat energi chakra  (seven chakra) yang terletak di kelenjar – kelenjar sepanjang garis tengah pinggang,  setiap chakra  merupakan  pusaran energi vital yang bergetar secara aktif yang melebar melalui  dan disekeliling permukaan tubuh mengeluarkan gelombang – gelombang getaran  elektromagnetik yang dikenal sebagai : Aura,  cahaya kehidupan yang ada.

Dipusat – pusat energi inilah, pikiran dan perasaan pertama kali berperan secara langsung mempengaruhi  dan mengatur seluruh fungsi tubuh,  metabolisme, sirkulasi, eliminasi juga reproduksi.

Pada tingkat energi,  pengalaman, cara pola fikir dan tingkat kesadaran yang ada membuktikan kebenaran  adanya cakra – cakra itu mempengarhi kehidpan manusia baik secara fisik maupunsecara jiwa yang ada.

Ketika energi – energi dalam chakra mengalir bebas dan terbka seseorang menciptakan suatu keadaan seimbang dan sehat dalam sistem tubuhnya.
Pola Bangun Alam Sadar Dan Bawah Sadar
Fikiran sadar kita memang sangat mengagumkan tetapi fikiran bawah sadar kita jauh lebih menakjubkan !

Saat fikiran sadar memproses penentuan pilihan atau tindakan,  fikiran bawah sadar juga memproses penentuan pilihan dan tindakan tanpa kita sadari.  Rencana pilihan dan tindakan  yang pernah diaktifkan dialam fikiran bawah sadar akan tetap ada sebelum terwujud.

Riset membuktikan bahwa pengendalian fikiran  yang muncl tanpa kita sadari bukanlah hal yang mustahil.  Akan tetapi kita harus melakukan beberapa tindakan dan latihan agar bisa mengakses dan mengendalikan fikiran bawah sadar.

Dengan pengendalian alam bawah sadar  secara positif dan maksimal,  diharapkan segala beban kita akan berkurang dan kita menjadi smakin bergairah  dalam menghadapi tantangan keseharian kehidpan kita.

Emotional Freedom Techniques / E F T
Adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem  energi tubuh,  untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik.

Emosi negatif yang dialami oleh individu umumnya diawali dengan representasi internal yang buruk.  Kondisi ini berlanjut oleh gangguan  pada sistem energi tubuh.

E F T   sangat efektif  untuk merestorasi   sistem  energi tubuh untuk melepaskan tekanan  / stress  penyebab segala macam emosi  negatif adalah terganggunya sistem energi tubuh.

Dan emosi – emosi negatif  yang tidak terslesaikan,   menjadi penyebab utama pada hampir semua penyakit fisik kita.  Sedangkan praktek – praktek penyembuhan  Barat sekarang ini  masih mengabaikan fakta bahwa emosi negatif adalah penyebab dari 85 %  penyakit fisik. 

Beauty Enchancement
( dr. David Budi Wartono )
dr. David Budi Wartono yang tampil secara fisik masih sangat muda usianya sekitaran 40 tahun namun masih layak jika dikatakan dirinya berusia 25 atau 30 tahun,  saat menampilkan layar presentasi awal dan menyampaikan bahwa kita mau memilih gambar no satu, dua, tiga dan seterusnya . . .

Tentu saja dr. David saat memberikan pilihan “ingin menjadi seperti apa”  ia memberikan tips yang sangat alamiah terutama merubah cara pandang kita terhadap tubuh yang selama ini kita perlakukan secara tidak sesuai porsinya.


Proses Metabolisme Penuaan
1.      Kurang Gizi
Makanan bergizi adalah makanan dengan pengolahan minimal.  Tepung, gula, minyak  adalah makanan tidak bergizi yang memicu penyakit.
Artinya ketika memakan buah – buahan segar  seperti pisang, pepaya, apel dan sayuran seperti wortel atau buncis itu akan berdampak lebih menyehatkan tuubuh ketimbang saat kita ngemil kripik pisang, kripik wortel atau kripik buncis.


2.      Imflamasi
-  Stress fisik, mental, lingkungan, radiasi
-  Food Allergy   (igE);
-  Food Sensitivity (igG);
-  unhealthy Food

3.      Penuaan Fungsi Hormon
Estrogen, progesteron

4.      Negatif Mental Attitude
Estrogen, progesteron

Adalah kemampuan alami tubuh dalam meredakan stress fisik dan mental,  akan tetapi di karenakan



Adalah kemampuan alami tubuh dalam meredakan stress fisik dan mental,  akan tetapi di karenakan
Mental attitude is energy


MASIH  DALAM  PENYEMPURNAAN


Belum ada Komentar untuk "Beauty Cita – cita Kaum Hawa Dan Happiness Untuk Alam Semesta ! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel