Saliara Ungu, Kuning Dan Orange di Utara Kota Bandung


Saliara Ungu - Coblong (pict:dok.pribadi)


Penulis sering melihat selewatan saja bunga yang populer di kota Bandung dikenal dengan sebutan saliara  saat berjalan – jalan di hutan Ciburial atau bahkan di Hutan Raya Ir. H. Juanda demikianpun ketika lalar liwat  (bahasa Sunda,  wara – wiri ) disekitaran jalan Dago menemukan satu hamparan saliara ungu.

Saliara ungu,   tumpukan putik – putik bunga sama persis dengan saliara kuning demikian  saliara orange  seperti bentuk mangkok kecil ciptaan Sang Pencipta Yang Maha Sempurna.

Daun dan batang saliara berbulu halus namun tajam juga berduri, hati – hati jika Kita berniat hendak memetiknya.

Sepintas bentuk daun saliara itu mirip daun arbai yang sama – sama berduri agar Kita hati – hati juga saat memetik buah arbai di hutan – hutan utara Kota Bandung.

Dahulu kala di hutan – hutan utara kota,   Kami sering  menemukan saliara orange dan   kuning,   konon saliara juga memiliki khasiat dan manfaat akan tetapi sebagai penulis selama ini belum pernah mengeksplorasi  saliara sebagai tanaman obat,  hanya sekedar senang melihat atau bahkan menyaksikan hingga terpana dan mengambil gambarnya.

Saliara Ungu (dok.pribadi)

Saliara Ungu ;   penulis menemukan tumbuhan yang populer dikenal juga dengan istilah  lantana  bahkan dibeberapa wilayah dikenal dengan sebutan  tembelekan,  saliara ungu ini tumbuh dan dirawat dengan apik sekitaran taman di Coblong depan rumah Ibu Syafrida.



                                                    Saliara Kuning (picture:dok.pribadi)

 
Saliara Kuning ;  penulis menemukan diantaranya di depan rumah Bapak Kiyai Muchtar Adam dan di halaman rumah  Ibu Agung Budiono, iya betul di Ciburial.  Senang sekali memandang saliara kuning ini menebar aura kebahagiaan. 

Di hutan Ciburial terbilang langka menemukan saliara kuning, wajar saja kemudian penulis merasa gembira dan terpikat menyaksikan bunga hutan ini, rasanya menemukan hari yang ajaib.  membidiknya dengan camera hand phone yang sederhana adalah hal paling lazim penulis lakukan.



Saliara Orange (pict:dok.pribadi)
Sesungguhnya  saliara orangelah  yang banyak dikenal oleh masyarakat, disamping hampir sejak usia remaja penulis sering menemukan saliara orange tumbuh di tanah belukar. Tentu saja dalam fikiran Kita bahwa putik madunya menjadi santapan kupu - kupu dan beberapa jenis binatang atau hewan mini seperti lebah dan ulat - ulat yang baru muncul,   mereka  berebut rasa diantara putik - putik bunga hutan yang menyebar di wilayah utara Bandung.

Adanya kupu - kupu, lebah bahkan sejenis lalat kecil turut serta mengincar madu bunga saliara,  inilah haarmonisasi alam semesta dalam dunia kecil Kita.

Alhamdulillah.,





https://www.google.com/search?q=saliara+ungu&safe=strict&sxsrf=ALeKk03wZB9ttkeQ-    








Kamis   17   Rajab  1441  H   /    12 Maret 2020 M

Belum ada Komentar untuk "Saliara Ungu, Kuning Dan Orange di Utara Kota Bandung "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel