Header Ads

Mehndy Day Selayang Pandang Kisah Teraphy Warna


Pict : Azalea Beauty Hijab



Salah satu kemajuan wawasan penulis yang cukup terbatas,  adalah saat menghadiri event Launching Azalea  Intensive Skin White Series & Zaitun Oil Series,   tema yang diusung adalah Mehndi Day.  Penulis coba menghimpun wawasan tentang Mehndi Day . . . . #amaging !




Mehndi Day  adalah peringatan hari mewarnai beberapa bagian anggota tubuh khususnya telapak dan punggung tangan calon pengantin  wanita,    ketika  malam   ba’innai   saat esok hari pengantin menjemput pasangannya,  Ibu dan Bapak Mertua handai taulan juga keluarga besar menyaksikan dengan perasaan penuh keberkahan.

Persiapan malam   ba’innai   bagi calon penganten wanita disamping dibeberapa wilayah ba’innai  (ber’innai = mewarnai kuku, telapak dan punggung tangan dengan innai )  menjadi salah satu tradisi masyarakat Minang secara local kebudayaan  yang Indonesia banget ada juga sih di beberapa wilayah lainnya sepanjang pengetahuan penulis di Sulawesi – Selatan  dan secara Internasional adalah masyarakat India yang dominan menjadi semacam budaya bahkan seperti ritual juga.

Memang masyarakat India dalam pengamatan penulis jika menelusuri di tanah suci Mekkah bahkan Madinah mereka lebih dominan menggunakan innai dibandingkan masyarakat Arab khusus kedua wilayah ini.

Innai Orange dan cokelat (pict:dok.pribadi)



Jika  melihat beberapa tayangan video di channel you tube tentang  Mehndi Day penekanannya lebih pada kebudayaan masyarakat India:     meskipun secara sejarah  warna ada empat yang paling dasar dipopulerkan oleh Ibnu Sina yaitu :   

warna  merah,  merujuk pada warna api dan Matahari 
kuning ;   melambangkan tanah ( bumi ) 
hijau   melambangkan batang pohon
biru.    langit dan lautan

Adapun China populer dengan lima unsur  pergerakan alam seperti  kayu – hijau ;  Api _ lambang Matahari yaitu  merah,  logam putih,   tanah kuning dan  air lambang warna hitam hal ini berdasar penjelasan Umi Anna pada saat mengungkap  tentang terapi warna hari Kamis (04/04/2019)  demikian tentang kejadiannya pada masa lalu dan terjadi ribuan tahun yang lalu.

Secara ritual dan tradisi konon India pada awalnya yang muncul warna ungu,  kemudian lebih populer dan viral penggunaannya warna  cokelat  dan  orange.      
Penulis menemukan dari sini . . . 


Chromotherapy Terapi Warna Untuk Kesehatan


Warna orange bisa sangat menyenangkan dan bebas. Kombinasi warna merah dan  kuning ini sangat bagus karena mencakup energi dan kebijaksanaan. Warna orange termasuk warna cerah yang mampu membuat perasaan hati lebih baik, gembira dan mengurangi emosi negatif serta meningkatkan kemandirian dan kreativitas. Warna kulit jeruk ini berhubungan dengan cakra sakral yang berhubungan dengan kesejahteraan mental.

Alhamdulillah  penulis baru mengenal pertama kali peringatan   Mehndi Day  saat Azalea melauching produk terbaru serta terus  istiqomah berbasis  pada konsep  Thibbun Nabawy bahan dasar yang di viralkan juga diusung adalah zaitun, habbathussauda juga rosehip bunga mawar yang tumbuh di beberapa belahan bumi khususnya Mesir.


Warna inai yang orange kadang jatuh ke coklat tua sebenarnya itu adalah energy sinar matahari sumber energy bagi seluruh alam dunia.

Sepulang Penulis dari acara Mehndi Day diantara yang menjadi PR dalam pertanyaan ingin mengetahui lebih mendalam tentang warna,   baru sedikit faham bahwa warna memiliki energy dan berfungsi juga sebagai teraphy sehingga wajar jika kemudian kita menyaksikan perempuan India berinnai dikukunya dan punggung tangan bergambar macam - macam jenis daun.

Bahkan mungkin ya banyak diantara kita menyaksikan pelatihan menggambari punggung tangan saat menjelang acara pernikahan.



pict : Azalea Hijab Shampoo



Merangkai inai dengan garis lingkaran lengkung dan berbagai bentuk yang membentuk daun daunan dan bunga – bungaan sehingga seperti ukiran khususnya di tangan itu bagi yang memiliki passion khusus memang cukup menarik dan memikat khususnya bagi Ibu – ibu dan umumnya kaum wanita.

Energy warna jelas terbukti oleh kita semua baik itu penyelenggara acara, sponsorship dan peserta khususnya mereka fokus konsentrasi dan rileks menggunaikan innai ke punggung tangan masing - masing dan hal demikian penulis menyaksikannya sungguh keren.


Pula untuk berinnai ( pict : dok. Azalea Hijab Shamphoo )








#inspiredbythibbunNabawi
#AzaleaMechndiDay
#TheRealHijabCare

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.